Articles / MARAKNYA MAFIA SKINCARE YANG MERESAHKAN, INI KATA DOKTER SPESIALIS KULIT!

MARAKNYA MAFIA SKINCARE YANG MERESAHKAN, INI KATA DOKTER SPESIALIS KULIT!

Tag
etiket biru, mafia skincare, bpom
Post Date
October 7, 2024

Di tengah tren kecantikan yang terus berkembang, belakangan ini muncul kontroversi yang mencuri perhatian di media sosial melalui salah satu podcast, yaitu tentang Mafia Skincare. Mereka melakukan praktik ilegal dalam industri perawatan kulit dengan mengedarkan produk Skincare berlabel Etiket biru secara bebas dan tidak sesuai dengan resep dokter. 


Diduga salah satu pabrik maklon merayu reseller dari Brand-brand besar untuk menjual bebas Etiket Biru ilegal ke masyarakat luas.


Apa itu Etiket Biru?


Dokter Spesialis Dermatologi, Venereologi dan Estetika dari Amala Clinic, dr. Ahmad Haykal mengatakan bahwa Etiket Biru mengacu pada produk perawatan kulit yang diberi label atau Etiket berwarna biru. Biasanya produk ini memerlukan resep dan pengawasan dokter dalam penggunaannya. 


Etiket Biru sebenarnya juga merupakan label yang menunjukan bahwa produk tersebut merupakan obat, bukan kosmetik biasa. “Biasanya produk ini mengandung bahan aktif tertentu dengan konsentrasi yang digunakan untuk pengobatan dalam pengawasan dokter, tidak bisa diperjual-belikan sembarangan, apalagi online atau lewat sistem agen/dropseller” Ucap dr. Haykal.


Biasanya Skincare Etiket biru mengklaim dapat memutihkan kulit dengan kandungan bahan berbahaya dengan kadar yang tinggi bagi kesehatan tubuh. Etiket biru yang diedarkan oleh para mafia skincare juga memiliki risiko yang berbahaya bagi kesehatan, antara lain kerusakan kulit, alergi hingga penyakit kronis dari penggunaan jangka panjang.


Apa bedanya Krim Etiket Biru Legal & Kosmetik Biasa?


Krim Etiket Biru Legal 

  • Kategori obat, bukan kosmetik.
  • Hanya bisa diperoleh dengan resep dokter.
  • Diracik di sarana pelayanan farmasi dengan pengawasan dari dokter.
  • Mengandung bahan aktif seperti Merkuri, Tretinoin, Steroid dan Hidroquinon yang bisa digunakan dalam jangka waktu terbatas (umumnya 35 hari).


Kosmetik Biasa

  • Kategori kosmetik yang dijual bebas
  • Di produksi di industri kosmetik sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  • Tidak mengandung bahan obat keras
  • Memiliki nomor izin edar BPOM


Apa Bahaya Menggunakan Krim Etiket Biru Ilegal?


Menggunakan krim Etiket Biru tanpa pengawasan dokter bisa berbahaya. Seperti yang ditulis diatas, krim ini sering mengandung bahan aktif yang kuat dan jika digunakan sembarangan dapat menimbulkan efek samping yang serius. 


Contohnya adalah bahan Steroid, yang jika digunakan jangka panjang dapat menyebabkan kulit menjadi lebih tipis, pembuluh darah tampak jelas, wajah memerah, serta meningkatkan risiko munculnya stretch mark di kulit badan. “Obat Etiket biru ini hanya boleh digunakan dengan rekomendasi medis karena efek samping dan risiko yang menyertainya” Tutup dr. Haykal.


Cara memilih Skincare yang aman

Kami merekomendasikan kamu membeli produk yang sudah terdaftar di BPOM. Hindari produk yang menawarkan hasil instan, terutama yang dijual tanpa resep dan pengawasan dokter. Jika kalian masih bingung dengan skincare apa yang cocok dengan kulit wajah, kamu bisa konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit di Amala Clinic untuk memilih Skincare yang aman dan perawatan terbaik.


Jadwalkan konsultasi sekarang dan nikmati perawatan terbaik dari ahli kami!


Ditinjau oleh: dr. Ahmad Haykal A.R.B, Sp.DVE, M.Kes, FINSDV


Amala Clinic

Jl Hang Lekir 2 No 9

Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12120

WA. 081110016321 || Tel. 021-7228899


Treatments

Discover the ideal treatment for you. Amala extends beyond personalized services, empowering our patients to unveil their inherent beauty, ultimately fostering confidence and radiance from within.